Pages

Selasa, 05 Maret 2013

Fluida: Fisika Kelas XI SMA Semester 2

Fluida: Fisika Kelas XI SMA Semester 2

Fluida: Materi Fisika Kelas XI SMA Semester 2

Fluida:
Fluida dapat disebut juga sebagai zat alir. Atau lebih lengkapnya disebuta zat yang dapat mengalir. Kita ketahui bahwa zat atau benda terbagi menjadi tiga jenis yakni padat, cair dan gas.
Manakah yang termasuk pada Fluida?
dari ketiga jenis zat tersebut yang merupakan fluida adalah gas dan cair.
Konsep Awal:
Tekanan Pada Zat Padat
Apa yang dimaksud dengan tekanan?
Tekanan adalah gaya yang diberlakukan terhadap satuan luas tertentu. Tekanan berbanding lurus dengan gaya yang diberikannya dan berbanding terbalik dengan luas daerahnya. Semakin besar gaya maka semakin besar tekanan, kebalikan dengan luas, semain luas daerah yang ditekan maka semakin kecil tekanannya.

Sesuai dengan persamaan berikut: Rumus Tekanan pada Zat Padat

Ket:
P = Tekanan (N/m*2) atau Pascal (Pa)
F = Gaya (N)
A = Luas Permukaan (m*2)


Apakah buktinya bahwa dengan luas permukaan yang besar tekanan kecil? Coba tebak apa yang terjadi saat seorang perempuan menginjak tanah lumpur dengan memakai sepatu hak tinggi dengan sepatu tidak memiliki hak? jawabannya pastilah dengan memakai sepatu berhak tinggi akan membuat tanah lumpur tertekan lebih dalam dibandingkan dengan yang tidak berhak.

Atau contoh lain, manakah yang lebih sakit saat ditusuk jarum suntik ketika diobati dokter dengan ditusuk tangan telunjuk? jelas suntikan lebih sakit karena luas permukaannya sangat kecil.

Lalu Apa Hubungannya Tekanan dengan Fluida?
tekanan pada ban
Tekanan Pada Ban, gambar: ck-12.org
Semua fluida memberikan tekanan seperti udara di dalam ban. Partikel-partikel dari fluida terus bergerak ke segala arah secara acak, pergerakan tersebut menabrak partikel satu sama lain. Tabrakan ini menyebabnkan tekanan, dan tekanan yang diberikan merata ke segala arah
Ketika partikel dikumpulkan di dalam satu bagian dari ruang tertutup, seperti partikel udara yang memasuki ban, partikel-partikel tersebut dengan cepat menyebar untuk mengisi semua ruang yang tersedia. Itu karena partikel udara selalu bergerak dari daerah tekanan tinggi ke daerah tekanan rendah. Hal ini menjelaskan mengapa udara yang masuk ban melalui lubang kecil dengan cepat mengisi ban keseluruhan.

Jenis-Jenis Fluida
Fluida digolongkan menjadi dua jenis yaitu: Fluida Statis dan Fluida Dinamis. Apa perbedaannya? Fluida statis adalah fluida dalam keadaan diam sedangkan fluida dinamis adalah fluida dalama keadaan bergerak.

Kita Pelajari Materi ini di Halaman posting berikutnya:(Klik Link di Bawah Untuk Mempelajari Materi Fluida).

Fluida Statis:
Berikut adalah beberapa hal yang dipelajari dalam fluida statis:
  1. Tekanan Hidrostatis
  2. Tekanan Mutlak
  3. Asas Bejana Berhubungan
  4. Hukum Pascal
  5. Hukum Archimides
  6. Tegangan Permukaan
  7. Kapilaritas
Fluida Dinamis:
Berikut adalah materi yang dipelajari dalam fluida dinamis:
  1. Debit Air
  2. Persamaan Kontinuitas
  3. Azas Bernoulli yang terdiri dari: Toricelli, Venturimeter, Manometer, dan Tabung Pitot serta Gaya Angkat Pesawat.
  4. Viskositas
Tambahan:
Contoh soal Tekanan Pada Zat Padat:

tekanan penari
jika seorang penari break-dancer seperti gambar diatas memiliki berat badan  500N menekan lantai dengan luas permukaan yang tersebar merata sebesar 0.75 m2 berapakah tekanan yang diberikan?

Jawaban:

\mathrm{Pressure=\frac{500N}{0.75m^2}}= 670 Pa, or 0.67 kPa 

0 komentar:

Posting Komentar